ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Olahraga di Bulan Puasa? 6 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan

08 May 2017

Bulan puasa seolah memberikan suasana tersendiri bagi kita, terutama dalam hal pola olahraga. Lumrahnya kita akan mengurangi intensitas pada bulan puasa lantaran kondisi tubuh yang tidak fit seperti bulan-bulan biasanya. Kendati demikian, keadaan tersebut bukan berarti penghalang yang mutlak bagi kamu yang ingin olahraga di bulan puasa. Nah bagi kurmate yang ingin tetap menjalankan rutinitas olahraga seperti biasanya, hal-hal berikut ini perlu kamu pertimbangkan lho... Check this out!

1. Waktu olahraga

467159824_XS.jpg

Pada bulan puasa, Kurmate perlu jeli memilih waktu olahraga. The National melaporakan bahwa ketika bulan puasa, olahraga sebaiknya dilakukan ketika perut sudah berada dalam keadaan terisi, yang berarti di malam hari setelah waktu berbuka. Sedangkan dikutip Kompas.com, dr. Saptawati Bardosono menyebut, olahraga bisa kita lakukan 30-60 menit jelang buka puasa. Dari saran-saran tersebut, hal yang paling penting adalah mengenali kemampuan tubuh kita sendiri. Jangan sampai, karena sedang berpuasa, kamu malah lemas, pusing, atau bahkan sampai pingsan.

2. Jenis olahraga

46086154.jpg

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah jenis olahraga yang akan dilakukan pada bulan puasa. Seperti yang kita ketahui, setiap jenis olahraga memiliki beban yang berbeda-beda. Itulah alasan kenapa kamu harus mengenal baik batas kemampuan tubuh sendiri. So, Kurmate bisa memilih olahraga ringan yang tidak memerlukan tenaga ekstra. Olahraga ringan seperti jogging dan sepeda sangat cocok untuk dilakukan pada bulan puasa.

3. Intensitas dan durasi

News_ManRunningWithWatch.jpg

Selain jenis olahraga, pertimbangkan juga intentsitas dan durasinya. Tidak perlu terlalu sering atau lama berolahraga saat bulan puasa. Jika durasi olahraga yang kamu lakukan terlalu lama, dikhawatirkan akan memunculkan risiko terhadap sistem kekebalan tubuh lho... Cukup lakukan olahraga satu kali dalam sehari dengan durasi 15-30 menit, keadaan tubuhmu akan tetap berada pada titik aman.

4. Asupan makanan yang diperlukan

woman-tries-delicious-food.jpg

Pada momen puasa, tubuh hanya memiliki kesempatan dua kali makan. Pertama saat waktu sahur, dan kedua saat berbuka puasa. Kondisi tersebut jelas berbeda dengan hari-hari biasanya. Usahakan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sama layaknya hari biasa. Selain ikut, Kurmate juga perlu menjaga kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, agar tubuh tetap berusaha berada pada titik fitnya.

5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

why-water-is-the-best-kept-beauty-secret.jpeg

Saat berpuasa, dehidrasi sangat mungkin menghantui tubuh. Apalagi buat kamu yang rutin melakukan olahraga jelang waktu berbuka puasa, tingkat dehidrasi bisa makin tinggi. Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir. Saat sudah buka puasa hingga menuju sahur tiba, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh ya, Kurmate. Nah, kebutuhan cairan tubuh yang disarankan para ahli berkisar 1,5-2 liter perhari. Jika itu kamu lakukan, kamu dapat mencegah terjadinya dehidrasi selama berpuasa.

 

6. Perhatikan juga lama tidur

stress-free-sleep.jpg

Lama atau tidaknya waktu tidur yang telah kamu gunakan saat berpuasa, juga menjadi pertimbangan penting bagi kamu yang hendak berolahraga selama bulan puasa ya kurmate. Kamu harus memenuhi kebutuhan tersebut agar tubuhmu tetap prima. Tidurlah dengan rentang waktu 7-8 jam.  Jika waktu pada malam hari dirasa kurang dapat memenuhi kebutuhanmu, manfaatkanlah waktu istirahat di siang hari untuk melakukan power nap.

 

Itulah 6 hal yang perlu kamu pertimbangkan jika tubuh ingin tetap bugar lewat olahraga. Kalau Kurmate mau olahraga, jangan lupa perhatikan poin-poin di atas ya. Biar olahraganya makin asyik, sekalian ngabuburit deh. Selamat mencoba!

 



back