ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

5 Ide Usaha Paling Cocok untuk Mahasiswa. Lumayan Buat Cari Tambahan Uang Saku

10 May 2017

Masa-masa kuliah jelas sangat berbeda dengan masa SMA. Saat SMA, kita lumrahnya masih bergantung pada orangtua, terutama dalam masalah keuangan. Namun ketika masa kuliah, kita biasanya punya keinginan untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Setidaknya bisa membantu pengeluaran orangtua. Untuk itu, sekarang Nafoura mau berbagi ide usaha buat kamu para mahasiswa. Yuk langsung simak aja!

Bisnis Camilan Pedas

makaroni-ngehe-e1436582950477.jpg

Di banyak tempat, camilan pedas terus menjadi primadona. Beragam inovasi banyak disuguhkan para pengusaha jenis kuliner satu ini. Kalau kamu jeli, sudah saatnya mengubah status yang tadinya pembeli jadi penjual. Mulailah dari satu jenis makanan saja. Untuk memromosikannya di awal rintisan, bawa selalu produk camilan pedas kurmate, kemanapun kamu pergi. Misalnya, setiap ada jadwal kuliah, aktivitas organisasi dan lainnya.. Biasanya makanan kecil, seperti camilan, sangat dibutuhkan untuk mengganjal dan mengisi waktu luang sebelum masuk mata kuliah lainnya.

 

Bisnis Les Privat

les privat ke rumah area JABODETABEK.jpg

Mahasiswa adalah status pelajar dengan tingkat strata paling tinggi dibanding tingkatan lainnya. Nggak heran ada tulisan “maha” untuk melengkapi statusmu. Kamu bisa memanfaatkan pengetahuanmu yang sudah berada di tingkat atas tersebut untuk memberikan les privat kepada anak SD, SMP, atau SMA. Sebelum mempromosikan diri pada calon orangtua dari 'target' murid mu, kamu harus mengulik lagi mata pelajaran apa yang paling kamu kuasai untuk bekal mengajarmu nanti. Misalnya, jjika Kurmate mahasiswa jurusan ilmu ekonomi, kamu masih bisa mengajari anak-anak sekolah untuk mata pelajaran akuntansi, ekonomi atau bahkan matematika. Lumayan buat nambah uang saku, ‘kan?

 

Jasa Fotografi dan Video

lucrative-photography-careers-decision.jpg

Untuk kebutuhan pribadi atau kuliah, beberapa mahasiswa biasanya memiliki perangkat kamera. Daripada hanya dipakai untuk kebutuhan pribadi semata, kenapa tidak mulai merintis jasa foto atau video? Mulailah dari hal-hal yang kecil, seperti menjadi fotografer freelance. Alih-alih mengganggu waktu istirahatmu selepas kuliah, bisnis yang dasarnya berasal dari hobi justru nggak akan bikin kamu mudah merasa capek.

Bisnis Menjadi Penulis Lepas

570_the-Words.jpg

Di masa era informasi digital seperti saat ini, jumlah media massa semakin banyak. Sejalan dengan pergerakan tersebut, para pengusaha media biasanya membutuhkan banyak penulis. Tentu ini peluang yang besar buat kamu yang punya hobi mengungkapkan ide menjadi sebuah tulisan. Pekerjaan ini nyaris tanpa modal, lantaran yang dibutuhkan adalah kemampuan mengumpulkan informasi, menulis dan berpikir kreatif. Pekerjaan ini bahkan bisa kamu kerjakan di mana saja dan kapan saja. Jadi, buat kamu yang punya hobi menulis, kenapa nggak mulai mengubahnya jadi nilai rupiah?

 

Translator

girls-working-together.jpg

Kamu mahasiswa satra atau pendidikan bahasa asing? Manfaatkanlah kemampuanmu dalam memahami bahasa asing untuk membuka usaha sebagai interpreter, translator atau penerjemah. Banyak lho teman-teman di jurusan lain yang membutuhkan jasamu lantaran banyak dosen yang kerap menyuruh mahasiswanya membedah buku atau memberikan bahan ajar berbahasa asing. Peluang usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, lho kurmate! Yang kamu butuhkan hanyalah gadget, seperti laptop atau komputer. Sepertinya, salah satu gadget tersebut pasti kamu miliki sebagai modal kuliah.

 

Itulah 5 jenis bisnis yang bisa kamu jadikan alat untuk menambah uang saku atau bahkan bisa membuatmu mandiri secara financial,sehingga tidak bergantung sama orang tua lagi.. Gimana, Kurmate? Tertarik pakai jenis usaha yang mana kira-kira? Share ke kita yuk!

 



back