ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Ini Jawaban Para Ahli Tentang Olahraga Malam. Ternyata Mematahkan Stigma

12 May 2017

Rutinitas sehari-hari sering kali membuat kita mengesampingkan pola hidup sehat, apalagi jika itu berhubungan dengan olah raga. Apalagi bagi Kurmate yang sudah bekerja, pasti sudah memiliki alasan sendiri kenapa sangat sulit untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Alhasil, berolahraga di malam hari kerap kali jadi alternatif baru untuk sekedar melepas penat dari beban pekerjaan yang menumpuk. Entah itu jogging, lari, atau olahraga permainan seperti futsal, badminton atau bermain basket.

Akan tetapi banyak sekali selentingan yang beredar di masyarakat, dan menyebut olahraga malam hari sebenarnya dilarang. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Nafoura telah menghimpun beberapa informasi agar semuanya menjadi lebih jelas.

Bolehkah olahraga malam?

image.jpg

Olahraga malam bukanlah sebuah dosa besar yang dapat menyakiti tubuh. Dikutip dari Kompas.com, seorang dokter spesialis olahraga, Andi Kurniawan menyebut olahraga malam tidak masalah bagi kesehatan. Meskipun begitu, Andi tetap mengatakan bahwa waktu terbaik untuk olahraga sebenarnnya adalah pagi hari. Pada pagi hari, udara masih segar dan paparan sinar matahari yang menyinari kulit akan membuat kulit sehat.

Andi berkata, "Mereka yang enggak sempat olahraga di pagi hari, dan baru sempat berolahraga dimalam hari, tetap jauh lebih baik daripada yang tidak berolahraga sama sekali. Sekarang, kan banyak yang olahraga, lari malam di Senayan, itu enggak ada masalah."

Buat kamu yang sering olahraga malam, mungkin, akan merasa lega dengan pernyataan tersebut. Tapi jangan senang dahulu, sebab Andi memiliki catatan penting untuk kamu perhatikan, yaitu soal jarak antara olahraga dengan waktu tidur. Oleh karena itu, tidak disarankan terlalu malam karena bisa mengganggu kualitas tidur.

Selesai berolahraga, Kata Andi, kita sebaiknya nggak langsung tidur. Berikan jeda sekitar 1 sampai 1,5 jam dari waktu olahraga dan tidur. "Olahraga malam hari juga harus dengan pemanasan terlebih dahulu. Lalu ketika selesai lakukan pendinginan dan peregangan. Jangan langsung tidur." tambah Andi.

Mengenai durasi paling cocok untuk olahraga di malam hari, Andi mengatakan minimal 150 dalam lima hari. Artinya, kamu butuh olahraga minimal 30 menit per hari. Nggak ada batasan soal lama waktu seseorang berolahraga di malam hari. Pada prinsipnya, kata Andi, olahragalah sesuai kemampuan dan kondisi tubuh.

Lebih baik malam daripada tidak olahraga sama sekali

800_1dualist.jpg

Dalam beberapa tahun terakhir, movement gaya hidup sehat terjadi di banyak kota. Salah satunya kegiatan lari bareng di malam hari bersama komunitas. Kegiatan ini bahkan jadi tren tersendiri di kota-kota besar.

Menurut dokter spesialis kesehatan olahraga lainnya, Michael Triangto, tren gerakan lari pada malam hari sah-sah saja, asalkan si orang yang berolahraga paham dengan baik kemampuan dirinya sendiri. Jangan memaksa mengikuti tren atau sekadar gaya-gayaan, kata Michael, bila kondisi tubuh memang tidak memungkinkan.

Satu suara dengan Andi Kurniawan tentang olahraga malam, dokter spesialis kesehatan olahraga lainnya, Michael Triangto setuju bahwa itu bukanlah masalah besar. Ia mengatakan olahraga di malam hari lebih baik ketimbang mereka yang sama sekali berdiam diri. “Itu lebih menyehatkan daripada tidak olahraga sama sekali,” ujar Michael kepada CNN Indonesia.

Nah itulah jawaban dari para ahli tentang olahraga malam. Kesimpulannya, olahraga di malam hari pada dasarnya tidak dilarang oleh banyak pakar kesehatan, meskipun di sisi lain mereka mengatakan olahraga di pagi hari tetaplah yang terbaik. Bagaimana, Kurmate, cukup menjawab ‘kan?

 



back