ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Capek Disiksa Rasa Nyeri Haid Terus-terusan? Tangkal Pakai 5 Pose Yoga Ini

22 May 2017

Haid bisa jadi siklus bulanan yang mengurangi rasa nyaman bagi para cewek. Beberapa di antara kamu mungkin merasakan hal ini juga ‘kan, Kurmate? Nyeri yang ditimbulkan bukan hanya secara fisik, tapi juga secara emosional. Namun siapa sangka jika beberapa pose atau gerakan yoga ini dapat mengurangi gejala yang kamu rasakan. Yuk disimak!

1. Kapalabhati

Pranayama-For-Glowing-Skin1.jpg

Posisi kapalabhati atau duduk bersila ini merupakan posisi yang tergolong mudah untuk dipraktikkan. Lewat gerakan ini, kamu bisa mereduksi perasaan nyeri akibat haid. Usahakan tubuhmu berada dalam posisi tegap agar tarik-ulur pernafasanmu nantinya maksimal, sehingga mampu membersihkan paru-paru. Efek rileks bakal menaungimu ketika melakukan posisi ini. Ini terjadi lantaran tubuhmu berada dalam kondisi rileks, plus otot-otot kaku yang mengendur.

2. Dhanurasana

dhanurasana_625x350_51466410105 (1).jpg

Saat haid, perut kembung seringkali mengganggu kehidupan normal dan menahan kita lebih produktif. Untuk mengurangi rasa menyiksa tersebut, Nafoura menyarankan kamu untuk memperkuat otot punggung dengan pose yoga dhanurasana. Dhanurasana merupakan posisi yang menyerupai busur panah. Masalah perut yang kerap jadi langganan sakit saat haid pun bisa lebih teratasi.

3. Pavanamuktasana

pavanamuktasana-pose.jpg

Menurut laporan Kompas, rutin latihan yoga dapat menghilangkan rasa mual dan meriang ketika haid. Rasa nyeri di sekitar perut saat haid yang cukup menyiksa, bisa berkurang dengan gerakan pavanamuktasana ini lho.Caranya gampang kok. Ambil posisi dengan posisi terlentang, lalu lipat kaki sampai kaki menyentuh dada. Tahan sampai 30 detik, dan rasakan perbedaaannya.

4. Viparita Karani

viparita-karani.jpg

Eits, tak perlu bingung dengan posisi ini. Pose yoga yang satu ini sudah sering kurmate praktikkan saat bersekolah dulu, lho… Posisi lilin dengan cara berbaring dan pinggul diangkat hingga kaki lurus ke atas dipercaya bisa mengurangi rasa sakit kepala saat periode jelang haid. Pada saat melakukan gerakan ini, peredaran darah kepala jadi lebih lancar. Jadi nggak heran kalau rasa nyerinya bisa berkurang.

5. Paschimottanasana

Paschimottanasana-feature.jpg

Saat haid tiba, perut bagian bawah adalah pusat organ tubuh yang paling terasa nyeri. Nah, kurmate bisa mengurangi rasa nyeri tersebut dengan menggunakan pose paschimottanasana. Duduklah di atas sebuah matras, lalu luruskan kakimu ke depan. Secara perlahan, raih ujung kaki dengan tangan, sambil kepala berusaha mencium lutut. Usahakan kakimu lurus, tidak menekuk sedikit pun.Pada pose tersebut, aliran darah dalam tubuhmu dijamin akan lebih lancar sehingga rasa nyeri haid yang kamu rasakan pun dapat berkurang.

Ayo, Kurmate, rasa nyeri yang kamu derita saat haid, jangan dibiarkan berlarut-larut ya. Semoga dengan kamu mengaplikasikan gerakan yoga diatas, kamu bisa mengurangi rasa nyeri yang kamu rasakan. Selamat mencoba!

 



back