ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Bulan Puasa Berat Badan Malah Bertambah? Ini 5 Rahasia Mencegahnya

17 May 2017

Bertambahnya berat badan merupakan problem yang sering muncul selama bulan puasa. Padahal, setelah difikir-fikir waktu diperbolehkannya makan dan minum saat berpuasa hanya dua kali sehari, berbeda dengan hari-hari biasanya. Untuk mengatasi hal itu, Nafoura punya tips nih untuk kurmate yang sedang resah karena berat badannya bertambah. Hayo penasaran, ‘kan? Yuk geser aja layarnya!

Mencukupi kebutuhan tidur

Dalam sebuah laporan yang dikutip dari Kompas, kurang tidur ternyata dapat membuat nafsu makan mu menjadi berlipat ganda. Meskipun waktu tidur kita berkurang karena waktu sahur, usahakan tidak tidur terlalu malam agar kebutuhan tidur tercukupi. Hormon ghrelin, hormon yang memberi tahu otak untuk makan, meningkat ketika kamu kurang tidur. Sebaliknya, saat tubuh mengalami kurang tidur, hormon leptin – yang bertugas sebagai pemberi pesan kenyang pada otak – malah berkurang, sehingga memunculkan perasaan lapar.

Tidak ‘lapar mata’

Menahan lapar selama hampir 14 jam memang memunculkan kebutuhan visual yang tinggi terhadap makanan. Alhasil kita sering lapar mata beli makanan sana-sini, kemudian kalap saat berbuka puasa sebagai rangkaian balas dendam mengisi perut yang kosong. Tindakan tersebut tentu bukan sesuatu yang bijak, dan memungkinkan berat badanmu bisa bertambah. “Metabolisme bekerja dengan lebih keras untuk mencerna makanan yang tiba-tiba saja memenuhi lambung. Efeknya, tubuh jadi cepat lemas,” kata ahli kesehatan, dr. Ahmad Fuady, M.Sc-HEPL.

Hindari langsung makan besar saat berbuka

Masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Nafoura menyarankan agar Kurmate tidak langsung makan makanan berat saat berbuka. Berbukalah dengan makanan atau minuman kecil seperti kurma atau sebotol Kurma Water. Tak cukup sampai disitu saja, berikan waktu pada pencernaan untuk berisitirahat sejenak dengan melakukan aktivitas lainnya seperti sholat Maghrib atau pekerjaan yang tertunda. Setelah itu, kamu baru boleh makan besar. Jangan sampai kalap ya! Nanti lambung akan kewalahan menerima asupan, dan mengganggu sistem pencernaan pasca istirahat seharian.

Hapus kebiasaan tidur setelah sahur

Untuk menunaikan sahur, kita memang harus memotong waktu tidur. Nggak heran kalau banyak dari kita membayar rasa kantuk tersebut dengan cara tidur lagi setelah sahur. Kebiasaan ini ternyata bisa bikin tubuh kita jadi gampang melar. Sistem pencernaan melambat, perut pun mengembung. Jangankan tidur, telentang sekadar tiduran pun nggak diperbolehkan. "Ada sebagian orang muslim yang langsung tidur setelah sahur. Hal ini dapat menyebabkan asam lambung naik ke arah kembali ke kerongkongan yang pada akhirnya bisa menyebabkan masalah pada saluran cerna atas mereka," kata Dr. dr. Ari Fahrial Syam, dikutip dari Antara News.

Tetaplah berolahraga

Saat berpuasa, tak bisa dipungkiri lagi jika kecenderungan produktivitas kita menurun termasuk dalam urusan olahraga. Sebaiknya usir perasaan malas bergerak di bulan puasa. Sebab, lemas bisa kamu lawan dengan sugesti positif. Agar kebugaran tetap terjaga, para ahli menyarankan olahraga 30-60 menit jelang waktu berbuka. Jika tidak sempat, kamu bisa berolahraga selepas tarawih. Olahraga selepas tarawih itu merupakan waktu yang dianjurkan lantaran makanan yang kamu konsumsi saat berbuka puasa sudah mulai tercerna oleh tubuh. 

Kurmate sekarang sudah tahu ‘kan cara menjaga berat badan di bulan puasa? Tunggu apa lagi? Langsung dipraktikkan yuk!

 



back