ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

4 Kiat Mudah Menanamkan Kedisiplinan dalam Hidup

06 May 2017

Menanamkan kedisiplinan dalam diri memang tak selamanya berjalan mulus. Kurmate perlu menjalaninya dengan kesadaran penuh agar bisa konsisten menjalaninya. Sebuah penelitian yang dilakukan Wilhelm Hoffman tahun 2013, menyebutkan, orang disiplin tinggi hidupnya lebih bahagia. Berkat kedisiplinan, apa yang mereka pilih nggak pernah didikte perasaan. Mereka selalu menciptakan keputusan yang rasional sebab hidupnya tertata. Lalu apa saja kiat-kiat yang harus ditanam untuk memulai hidup lebih disiplin? Simak di bawah ini!

 

1. Punya buku catatan kecil

Jika Kurmate pergi ke pusat perbelanjaan, banyak sekali ditemukan toko yang menjual agenda, notes atau catatan kecil dengan cover yang lucu dan menarik. Nah, jika Kurmate mau memulai hidup lebih disiplin dan tertata, kamu wajib membelinya. Notes itu nanti akan sangat berguna untukmu mengatur jadwal yang akan kamu lakukan setiap harinya. Tak cuma jadwal harian, Kurmate bisa juga membuat mind mapping untuk segala cita-cita yang kurmate impikan.

Dengan begitu apa yang kamu lakukan sehari-hari merupakan sebuah hasil penjadwalanmu, bukan sekadar tindakan impulsif. Soal menuliskan mimpi dalam buku catatan pun bukannya tanpa tujuan. Hal tersebut punya maksud agar kamu tidak lupa dengan impianmu dan menjaga diri agar tetap berada pada trek.

 

2. Hindari kebiasaan menunda

Kebiasaan menunda-nunda bukanlah bagian dari tindakan disiplin. Menunda-nunda hanyalah menurunkan produktivitasmu. Beberapa alasan mungkin akan kamu lontarkan kenapa menunda-nunda pekerjaan, di antaranya rasa malas, terlalu lelah, banyak pikiran, menyepelekan pekerjaan, dan lain sebagainya. Inilah penyakit yang sering menghancurkan niat kita buat hidup disiplin. Untuk mengenyahkan kebiasaan tersebut, kamu sebaiknya jangan menyepelekan tugas dan urusan.

Kewajiban yang disepelekan adalah faktor utama dari tindakan indisipliner yang sangat merugikan dirimu dikemudian hari. Kita juga perlu ingat, jika kamu menunda suatu pekerjaan atau urusan, maka akan ada waktu yang harus kamu habiskan lagi di kemudian waktu.Selain itu,kamu juga bisa kehilangan momen penting lain karena kamu telah melewatkannya.

 

3. Tentukan prioritas

Sifat yang tidak disiplin dan tidak konsisten bisa terus melekat dalam diri kita kala kita bingung menentukan prioritas pekerjaan. Oleh karena itu, mulailah belajar memetakan prioritas dan menghitung skalanya. Tempatkan tugas-tugas penting yang menjadi tanggung jawabmu selalu berada di urutan teratas jadwal. Warren Buffett, seorang pebisnis sukses asal Amerika Serikat, adalah pemegang prinsip penentuan prioritas. Seperti dikutip Bussiness Insider, beliau pernah meminta pegawainya yang bernama Steve untuk membuat daftar 25 hal yang ingin dia capai di masa depan.

Kemudian 25 hal tersebut dikelompokan menjadi 5 hal dari yang diinginkan sampai yang paling diinginkan. Seketika itu juga, sikap dan tindak tanduk Steve pun berubah 180 derajat menjadi pribadi yang lebih disiplin dengan apa yang diimpikannya. Nah, kurmate sudah tahu kan alasan mengapa Warren Buffet bisa menjadi pebisnis yang disiplin. Hal itu tak lain adalah karena kecakapannya menentukan prioritas yang dimiliki.

 

4. Buat Rencana Cadangan

Dalam rangka menjalani hidup yang terarah dan mencapai kesuksesan, kamu pasti memiliki sebuah tujuan yang kerap kali diidentikkan dengan cita-cita. Guna memudahkan diri dalam rangka mencapai tujuan tersebut, kamu memerlukan rancangan strategi dan taktik nih...

Ada kalanya pula kita gagal meraihnya. Pada momen itu, kurmate dituntut untuk piawai dalam mengalokasikan waktu agar tidak terbuang sia-sia dengan keluhan yang tak akan berujung. Mengeluh dan menyalahkan orang lain, hanya akan membuatmu letih hingga kamu lupa apa yang seharusnya perlu kamu capai. Lakukanlah evaluasi internal pada dirimu sendiri, dan siapkan rencana cadangan. Melatih diri untuk senantiasa memiliki rencana cadangan merupakan salah satu upaya menciptakan disiplin diri. Tidak akan ada waktu yang berpotensi terbuang jika kamu sudah siap dengan Plan B.

 

Dari 4 kiat tersebut, ternyata membuktikan kalau disiplin bukan hal yang menyeramkan bukan? Menjadi pribadi yang disiplin hanya membutuhkan ketegasan dalam bersikap dan diwujudkan dalam tindakan yang nyata. Karena disiplin membahas tentang proses pengendalian diri dan bukan pemaksaan diri. Selamat mencoba, Kurmate!



back