ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

8 Kebiasaan Sepele yang Gampang Bikin Gemuk. Hindari Yuk, Kurmate!

17 Mar 2017

Memiliki badan yang ideal merupakan keinginan hampir setiap orang. Betul ‘kan, Kurmate? Bukan cuma karena alasan penampilan, tapi yang pasti badan yang ideal itu penjelmaan dari sehat tidaknya seseorang. Bagi kamu yang punya masalah dengan berat badan, berbagai macam metode mungkin telah kamu lakukan demi mendapatkan tubuh yang ideal. Namun terkadang kita tak tahu dengan hal-hal sederhana yang bisa bikin badan kamu bertambah ukuran.

Tahukah hal sepele yang bisa bikin badan kamu bertambah ukuran, Kurmate? Nah kali ini Nafoura mau bagi-bagi info soal hal itu. Siapa tahu penyebab tak idealnya berat badan kamu itu akibat hal sepele tersebut. Yuk langsung disimak aja, Kurmate!

 

  1. Makan terlalu cepat

21setelah-makan-jangan-lakukan-5-hal-ini.jpg

“Pantesan kurus, makannya aja lama banget.” Kurmate pasti pernah mendengar pernyataan itu bukan? Ternyata ada hasil riset yang menyatakan kebenaran pernyataan tersebut lho kurmate.. Cepat tidaknya seseorang ketika mengonsumsi makanan berpengaruh pada bentuk badan. Menurut Ian McDonald, seorang professor fisiologi metabolik Nottingham University, kecepatan makan seseorang bisa memengaruhi pikirannya. “Makan terlalu cepat membuat otak kita tak menyadari bahwa perut sebenarnya sudah penuh,” tuturnya.

 

  1. Konsumsi makanan berlabel “low fat”

low-fat-foods1.jpg

Pernah kepikiran untuk mengonsumsi makanan atau minuman kemasan yang low fat ketika program diet? Kiranya, Kurmate perlu berpikir dua kali nih perihal hal tersebut. Makanan yang diklaim low fat justru menyimpan banyak kalori. Fat atau lemak pada makanan akan diganti dengan gula yang justru lebih berbahaya dibanding lemak.

Sebagai informasi, zat gula sangat mudah diserap tubuh dan mudah berpotensi membuat kamu lebih cepat lapar lagi. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Pusat Ilmu Kesehatan Texas di San Antonio tentang minuman diet harian. Sebanyak 70% konsumen malah mengalami peningkatan peningkatan lingkar pinggang yang lebih besar.

 

  1. Merapel sarapan dengan makan siang

95makansiang.jpg

 

Kalau kamu berpikir merapel jam makan bisa bikin badanmu terjaga beratnya, maka kamu perlu berpikir ulang, sebab kebiasaan tersebut malah bikin badan makin melebaar. Seorang peneliti kasus obesitas, Denis Bruner, mengatakan bahwa metabolisme tubuh seseorang bisa menjadi lebih lambat ketika dia melewatkan makan di pagi hari. Tubuh pun akan terasa lebih gampang lapar yang berdampak pada selera makan dua kali lipat saat siang hari.Selain itu, bagi kurmate yang melewatkan sarapan selera ngemil mu menjadi lebih besar dari biasanya.

 

  1. Pengaruh lingkungan

maxresdefault.jpg

Siapa yang bisa menyangka jika kehidupan sosial dapat berpengaruh terhadap berat badan seseorang. The New England Journal of Medicine mengungkapkan fakta bahwa kegemukan bisa terjadi karena ditularkan oleh lingkungan. Menurut studi tersebut, potensinya bisa hingga 50%. Bukan berarti kamu harus memilih-milih teman, tapi kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni agar kamu bisa mengambil keputusan lebih bijak lagi dalam mengatur pola hidup sehat yang berasal dari lingkungan sekitar.

 

  1. Pakaian yang kesempitan

Pi6o3FS.jpg

 

Apa yang kamu gunakan juga berpengaruh terhadap bentuk badan. Para peneliti dari Wisconsin University mendapati bahwa pakaian yang nyaman (tak sempit dan terbuat dari bahan kain yang sejuk) mampu menambah motivasi seseorang untuk beraktivitas fisik. Kalori orang tersebut dapat  lebih banyak terbakar ketimbang mereka yang menggunakan pakaian sempit. Perasaan mager (males gerak) mudah menaungi mereka yang memiliki kebiasaan menggunakan pakaian sempit.

 

  1. Pola tidur

o-CATCH-UP-ON-SLEEP-facebook.jpg

Seseorang yang memiliki waktu tidur kurang dari tujuh jam mudah dihantui kegemukan. Hal tersebut ditegaskan penelitian dari Bristol University. Mereka menemukan bahwa setiap orang yang durasi tidurnya kurang dari waktu normal, maka peningkatan lemak dalam tubuhnya bisa bertambah. Setiap satu jam yang hilang dari waktu tidur yang disarankan, sebanyak 3 persen lemak meningkat dalam tubuh seseorang.

Fakta empiris yang terjadi pada mereka yang sering begadang adalah nafsu makan. Hormon penstimulasi nafsu makan membesar ketika seseorang begadang di malam hari. Akhirnya apa pun bisa kita makan demi menuntaskan nafsu makan tersebut.

 

  1. Kurang minum air putih

drink-water.jpg

Konsumsi air putih bukan hanya bisa menjaga seseorang dari dehidrasi. Konsumsi air putih ternyata saling berkaitan dengan bentuk tubuh seseorang. Banyak penelitian menyebut, mencukupi kebutuhan tubuh dengan minum air putih secara teratur ternyata mampu mendukung turunnya berat badan.

Padahal air putih sangat dibutuhkan organ pencernaan untuk membantu proses kerjanya. Solusi yang baik untuk mencegah badan makin melar adalah minum air putih dahulu sebelum melakukan aktivitas makan. Kegiatan tersebut dapat membantu kita mengontrol porsi makan. Tertarik menggunakan metode tersebut? Harus dong ya!

 

  1. Minum jus yang menggunakan susu kental manis

Juice-Therapy4.jpg

Bagi kamu yang sedang dalam program diet, kamu biasanya bakal lebih doyan mengkonsumsi jus buah. Di satu sisi, jus buah yang kerap kali kita beli dan konsumsi terdapat susu kental manis sebagai pengganti gula.  Padahal kandungan gula pada susu kental manis lebih tinggi dari gula biasa.Kurmate tidak boleh lupa kalau setiap buah memiliki zat pemanis alami didalamnya. Jadi, jika kamu ingin membuat bentuk tubuh lebih ideal lagi, hindari penggunaan gula dan susu kental manis sebagai pemanis tambahan yaaa...

Gimana, Kurmate? Hal-hal di atas sngat sering kita lakukan, kan?Semoga dengan informasi diatas, usahamu untuk membuat badan lebih ideal , tidak akan sia-sia ya Kurmate… Selamat mencoba!

 



back