ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

#SportTrivia Mana yang Lebih Baik; Lari 10 Km atau Renang 1,5 Jam?

01 Jun 2017

Selain menjaga pola makan dan gaya hidup yang baik, olahraga adalah solusi penting untuk memiliki tubuh sehat. Nggak berhenti di sana, bahkan tiga faktor utama ini juga perlu diterapkan untuk mewujudkan berat badan ideal. Jika ada satu hal saja yang terlewat, maka impian untuk memiliki berat badan ideal pun bisa lenyap begitu saja.

Bicara soal olahraga, Nafoura punya informasi menarik buat Kurmate nih. Sebenarnya, ada beberapa jenis olahraga yang efektif untuk membakar kalori seperti lari dan berenang. Kedua jenis olahraga ini juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kardiovaskular, yang artinya baik untuk memelihara kesehatan jantung dan paru-paru.

Kalau kesehatan, keduanya nggak usah diragukan lagi karena sama-sama mendukung gaya hidup sehati kita, tapi kira-kira, mana yang lebih cepat membakar kalori: lari atau berenang? Yuk, temukan jawabannya di sini!

Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang murah meriah, bisa dilakukan kapan dan di mana saja, nggak perlu peralatan khusus pula. Jika kamu bukan termasuk orang yang senang nge-gym, lari bisa jadi pilihan yang tepat untuk membakar kalori.

Menurut Dr. Daniel V. Vigil, Profesor Klinik Ilmu Kesehatan David Geffen School of Medicine di UCLA, perkiraan umum untuk perhitungan kalori yang terbakar saat lari adalah sekitar 100 kalori per mil, seperti yang dilansir dari laman Health Line. Jika dikonversikan, bisa dibilang bahwa setiap kali melakukan aktivitas lari sejauh 1 km maka seseorang akan membakar kalori sekitar 60 kalori.

Berenang

Lantas bagaimana dengan berenang? Olahraga berenang selain meningkatkan kebugaran dan bagus untuk kardio, olahraga ini juga bermanfaat bagi penderita asma, nyeri pinggang bawah, atau orang dengan kelainan postur tubuh, lho.

Dilansir dari laman Livestrong, berenang dengan intensitas sedang selama 30 menit mampu membakar kalori sekitar 206 kalori. Sedangkan berenang dengan intensitas tinggi membakar kalori sebanyak 333 kalori. Saat berenang, tubuh akan lebih sulit untuk bergerak. Karenanya, dibutuhkan energi yang cukup besar sehingga kalori yang dibakar juga lebih besar.

Lari versus berenang, mana yang lebih banyak bakar kalori?

Nah, Kurmate, setelah kita tahu perhitungan berapa banyak kalori yang terbakar dengan melakukan kedua jenis olahraga ini, maka kita bisa membandingkan mana yang lebih banyak membakar kalori. Berikut Nafoura paparkan perhitungannya:

Lari 1 km = 60 kalori

Maka, lari 10 km = 600 kalori

Berenang intensitas sedang 30 menit = 206 kalori

                                                     1,5 jam = 618

Berenang intensitas tinggi 30 menit = 333 kalori

                                                   1,5 jam = 999 kalori

Dari perhitungan di atas menunjukkan bahwa ternyata berenang selama 1,5 jam membakar kalori lebih banyak daripada lari 10 km. Jumlah kalori yang terbakar ini bervariasi sesuai dengan usia, berat badan, dan lamanya aktivitas yang dilakukan tersebut. Artinya, buat kamu yang ingin mendapatkan pembakaran kalori lebih efektif terutama untuk menurunkan berat badan, pertimbangkan untuk memilih melakukan olahraga berenang ketimbang lari, tentunya dengan porsi yang dibutuhkan tubuh masing-masing.

Setelah mengetahui fakta di atas, Kurmate lebih memilih untuk lari atau berenang nih? Mana pun yang kamu pilih, yang penting tetap sehat dengan berolahraga ya!

 



back